Tidak Usah Sering Dicat, Cukup Ikuti Tips Berikut Untuk Mendapatkan Tembok Yang Tahan Lama

Cat tembok merupakan salah satu aspek interior ruangan yang paling penting untuk dibahas. Hal ini disebabkan karena cat tembok memiliki pengaruh kuat dalam menentukan tampilan konsep suatu ruangan.

Tembok Yang Tahan Lama

Terlepas dari manfaatnya yang sangat besar, cat tembok memiliki beberapa kelemahan, diantaranya yaitu seperti bersifat mudah pudar, rentan ditumbuhi jamur, dan suka mengelupas. Nah sebenarnya hal-hal tersebut dapat dicegah loh! Ingin tau bagaimana caranya? Simak artikel di bawah ini sampai tuntas ya!

4 Tips Cara Agar Cat Tembok Tidak Mudah Rusak Dan Awet

1. Aplikasikan injeksi beton pada dinding

Salah satu penyebab pudarnya warna cat tembok adalah tembok yang bocor dan rembes oleh air. Nah oleh karena itu sebelum mengaplikasikan cat pada tembok, ada baiknya anda memeriksa apakah terdapat celah atau retakan pada tembok.

Jika ada, sebaiknya anda mengaplikasikan injeksi atau suntikan beton pada tembok. Dengan suntikan ini celah atau retakan tembok dapat rekat kembali.

2. Perhatikan adukan dinding

Khusus pada dinding yang belum dibangun, anda memiliki kesempatan lebih untuk mencegah dinding rusak dan tidak cepat berjamur. Caranya yaitu anda harus memastikan bahwa adukan yang digunakan merupakan adukan standar, yaitu adukan yang terdiri dari campuran antara semen dan pasir dengan perbandingan 1:3.

Aturan standar ini akan membuat dinding tidak mudah retak sehingga cat temboknya pun bisa dipastikan awet. Nah setelah tembok dibangun, jangan lupa untuk mengaplikasikan aci agar tembok tidak mudah mengelupas.

3. Pilih cat dengan warna cerah

Pilih dan aplikasikanlah cat yang berwarna cerah, karena cat ini memiliki lebih sedikit pigmen daripada cat berwarna gelap. Sehingga warna tembok pun tidak akan cepat pudar

4. Lakukan pengecatan pada waktu dan kondisi yang tepat

Proses pengecatan tidak bisa dilakukan dengan sebarangan. Untuk memperoleh hasil yang terbaik, lakukanlah pengecatan saat kondisi cuaca sedang cerah. Hal ini penting agar proses pengeringan cat bisa berlangsung lebih cepat.

Ingat, mengecat pada musim hujan hanya akan membuat lapisan cat rusak karena kondisi tembok ikut lembab maka gunakan waterproofing untuk menimalisirnya.

Itulah 4 tips agar cat tembok tahan lama dan tidak cepat rusak. Segera periksa kerusakan cat tembok di dinding anda dan segera hubungi penyedia jasa injeksi beton jika anda menemukan celah atau retak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *