6 Perbedaan Lantai Parket dan Vinyl

Perbedaan Lantai Parket dan Vinyl

Dewasa ini lantai kayu menjadi semakin populer sebagai alternatif lantai indoor. Selain memberikan nuansa alami dan hangat, lantai kayu dapat dipadankan dengan berbagai gaya arsitektur rumah. Mulai dari minimalis sampai rustik. Lantai kayu dapat digunakan di area kamar, ruang tamu, dapur bahkan teras dan kamar mandi area kering. Mengikuti tren lantai kayu para konsumen sering kali tertukar dan keliru dalam mengenali lantai parket dan vinyl sebab memiliki motif yang hapir sama. Meski demikian, kedua jenis lantai ini memiliki perbedaan yang jelas loh!

Perbedaan Lantai Parket Dan Lantai Vinyl

Perbedaan Lantai Parket dan Vinyl

Meski memiliki motif yang sama, lantai parket bebeda dengan lantai vinyl. Perbedaan ini tampak jelas namun masih sering saja tertukar. Berikut telah kami rangkum lima perbedaan lantai parket dan lantai vinyl. Simak ulasan di bawah ini.

1. Bahan Dasar Material

Cara paling mudah membedakan lantai parket dan vinyl adalah dengan memperhatikan bahan dasar material. Lantai vinyl terbuat dari bahan sintetis berupa PVC atau polyvinyl chloride yang memiliki sifat elastis. Sementara lantai parket terbuat dari kayu asli. Kesaamaan motif ulir kaya pada lantai vinyl diperoleh dari hasil cetak desain yang membuat kedua jenis lantai ini sering kali tertukar.

2. Zona Penggunaan

Meski keduanya kebanyakan dipasang pada area dalam seperti kamar tidur, ruang tau, ruang keluarga atau koridor rumah sakit, lantai vinyl juga dapat digunakan di area luar yang rentan terpapar sinar matahari dan terdampak perubahan cuaca. Berbeda dengan lantai parket, meski tidak menutup kemungkiknan untuk digunakan pada area luar, umumnya lantai parket dianjurkan hanya untuk penggunaan di dalam ruangan. Sebab pada kondisi tertentu lantai parket bisa saja mengalami penyusutan.

3. Ketahanan

Berbicara tentang tahan terhadap tekanan lantai parket lebih kuat dibandingkan lantai vinyl. Jika lantai vinyl kejatuhan benda dengan ujung-ujung yang runcing atau tajam, lantai akan lebih mudah robek. Sementara parket dengan permukaan yang tebal tidak akan sobek atau patah karena tekanan benda-benda yang tajam. Namun demikian, karena terbuat dari kayu asli lantai parket memiliki kelemahan karena dapat rusak oleh aktivitas biologis seperti rayap.

4. Harga Pasaran

Memiliki finishing yang apik dan elegan tidak berlebihan jika harga lantai parket berada di atas lantai vinyl. Sebab material parket pun dipilih dengan hati-hati menggunakan kayu dengan kualitas serat yang tinggi. Sementara lantai vinyl yang merupakan lantai sintetis dari material PVC memiliki harga yang jauh lebih murah.

5. Cara Perawatan

Jika Anda memilih perawatan yang sederhana, maka lantai vinyl akan lebih cocok dengan Anda. Cara perawatan lantai vinyl cukup disapu dan dipel basah secara rutin untuk menghilangkan debu, kotoran dan bekas noda. Sementara lantai parket memiliki perawatan yang tidak boleh sembarang. Anda bisa gunakan sapu atau vacum cleaner dan lebih berhati-hati untuk menggunakan alat pel. Sebab keberadaan air dalam jumlah banyak akan membuat kayu parket lembab dan keropos.

6. Motif Lantai

Belakangan ini sedang populer motif berupa ulir kayu baik pada lantai parket maupun vinyl. Namun karena proses pembuatan lantai vinyl melalui pencetakan, lantai vinyl juga memiliki sejumlah corak dan motif lain yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan selera. Sementara lantai parket yang terbuat dari kayu hanya memiliki satu jenis motif saja yaitu ulir kayu.

Cara Pemasangan Lantai Parket Dan Lantai Vinyl

Lantai vinyl terdiri dari tiga jenis yaitu vinyl ubin, vinyl lembaran dan vinyl karpet. Untuk jenis vinyl karpet cukup ukur lantai vinyl yang dibutuhkan dan bentangkan. Sementara untuk vinyl ubin dan lembaran harus membutuhkan kehati-hatian yang ekstra pada saat menyusun pola dan merekatkannya. Sementara memasang lantai parket terlihat seperti bermain puzzle. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan permukaan yang rata, Anda harus mengetuk-ketuk bagian atasnya dengan perlahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *