Wajib Tahu! Ini dia Penyebab Rusaknya Plafon Gypsum

Penyebab Plafon Gypsum Rusak

Plafon adalah bagian terpenting dari sebuah rumah yang fungsinya untuk menjadi batas tinggi dari suatu ruangan, atau lebih sering dikenal sebagai langit-langit oleh masyarakat luas. Plafon juga tak hanya berfungsi sebagai keamanan dari rumah saja, tapi juga ada fungsi lainnya yaitu sebagai hiasan agar ruangan semakin bertambah indah dan cantik. Bahkan saat ini ada banyak sekali jenis plafon yang beredar di pasaran.

Mengenal Plafon Gypsum

Plafon sendiri mempunyai bahan-bahan yang berbeda, mulai dari kayu, asbes, particle board, aluminium, acoustic tile dan lain-lainnya. Namun, yang paling populer nyatanya adalah plafon dengan bahan gypsum. Plafon gypsum murah sudah banyak dijual dan dapat Anda temukan dengan mudah. Selain karena harganya, plafon ini juga unggul dari segi perawatannya yang cukup gampang.

Terlebih lagi plafon dengan bahan ini juga memiliki daya tarik dari segi aksesoris yang bisa digunakan pada bagian tengah dan bagian sudutnya . Ukuran lebar dan juga ketebalan dari plafon jenis ini juga disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Alangkah baiknya jika Anda meminta bantuan ahli saja untuk melakukan pemasangan terhadap plafon tersebut dan jangan memasang sendiri, karena dikhawatirkan akan terjadi ketidaksesuaian atau bahkan kerusakan.

Penyebab Kerusakan Plafon Gypsum

Memang yang jual plafon gypsum ini sangat banyak, akan tetapi Anda juga harus jeli dan yakin dengan keputusan untuk membeli plafon tersebut. Sebab, plafon jenis ini juga memiliki kekurangan tersendiri yaitu mudah hancur dan cukup rapuh dibandingkan dengan plafon bahan lainnya. Maka dari itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab kerusakan pada plafon gypsum ini supaya bisa lebih berhati-hati.

Kerusakan Plafon Gypsum

Tidak Tahan Terhadap Air

Salah satu penyebab rusaknya plafon gypsum bisa berasal dari rembesan air yang menimpanya. Tak hanya menimbulkan bercak atau noda saja, tapi juga berpotensi membuat plafon berbahan ini jadi hancur. Apabila plafon yang hancur tersebut cukup besar, maka bisa menjadi memicu kerobohan plafon dan semacamnya. Maka dari itu, jagalah plafon gypsum dengan baik dan sebisa mungkin hindari bahan gypsum ini dari air.

Tidak Tahan Terhadap Benturan

Plafon gypsum murah yang ada di pasaran sangatlah banyak, tapi perhatikan pula dari segi kualitasnya. Umumnya plafon jenis yang satu ini tidak bisa tahan terhadap benturan karena memang sifatnya yang rapuh. Oleh karenanya kamu harus menjaga plafon gypsum dari benturan keras. Mungkin saja kamu juga bisa memesan plafon dengan bahan yang sedikit tebal sehingga dapat lebih tahan terhadap benturan yang bisa terjadi.

Pemasangan di Area yang Salah

Nah, ada juga penyebab lain dari kerusakan plafon gypsum yaitu dipasang di ruangan yang keliru. Dalam artian, Anda justru memasang plafon jenis ini di area yang kelembabannya sangat tinggi. Contohnya saja kamar mandi. Anda tentu ingat bahwa plafon ini tidak tahan terhadap air sehingga bisa membuatnya rusak apabila berada di ruangan yang lembab terlalu lama. Solusinya Anda bisa menggunakan plafon gypsum yang anti air atau istilahnya waterproof apabila memang ingin ditempatkan di kamar mandi.

Sebaiknya Anda mencari tempat jual plafon gypsum yang memang sudah terbukti kualitasnya dan terpercaya, karena dengan begitu, Anda akan mendapatkan plafon yang terbaik untuk rumah dan juga bisa berkonsultasi secara bebas dengan ahlinya. Anda tak bisa begitu saja mengabaikan pemasangan plafon ini, karena jika terjadi sesuatu maka akan terjadi kerugian. Itulah penyebab rusaknya plafon gypsum. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *