Mengenal 7 Kelebihan dan Kekurangan Paving Block

Kelebihan dan Kekurangan Paving Block

Paving block atau yang lebih dikenal dengan istilah conblock pasti sudah tidak asing lagi. Baik itu di jalan-jalan perumahan, trotoar, atau permukaan jalan lain conblock lebih sering digunakan. Dibandingkan dengan aspal, conblock adalah alternatif yang lebih banyak dipilih untuk sistem pengerasan jalan. Bahan yang ramah lingkungan ini lebih ramah lingkungan dan juga tidak terlalu mahal.

Teknologi conblock pertama kali muncul dari negara Belanda usai Perang Dunia II. Sebelumnya batu bata digunakan untuk mengeraskan jalan namun persediaannya menipis. Oleh karena itu banyak eksperimen dilakukan dan terciptalah conblock. Perkembangannya pun cukup cepat dari Jerman lalu ke negara-negara wilayah Eropa lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Paving Block sebagai Pertimbangan

Kelebihan dan Kekurangan Paving Block

Biasanya sebagai bahan pengeras jalan aspal hotmix atau cor beton digunakan. Namun sayangnya aspal bukanlah bahan yang ramah lingkungan, sedangkan cor beton sangat mahal harganya. Conblock memiliki kelebihan yang tidak dimiliki kedua bahan tersebut yaitu harga paving block yang terjangkau dan juga ramah lingkungan.

Apabila Anda sedang mencari bahan pengeras jalan apa yang terbaik, perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan conblock berikut ini.

Kelebihan Conblock

Conblock adalah beton pracetak yang terbuat dari bahan semen, air dan abu batu yang dicampur. Tidak ada bahan campuran lainnya sehingga menjaga kualitasnya tetap baik, mengingat fungsinya adalah untuk jalan yang menahan beban berat dan perubahan cuaca ekstrim.

Berikut ini beberapa kelebihan dari material conblock sebagai alternatif pengeras jalan.

1. Daya serap air yang baik

Walaupun dipadatkan dan dicetak, material ini sangat baik untuk menyerap air pada celah-celah yang terdapat pada susunannya. Air yang menyerap akan menjaga keseimbangan air tanah dengan sangat baik. Permukaan jalan akan terhindar dari genangan air atau banjir yang bisa membuat permukaan jalan semakin licin.

2. Proses pemasangan yang cepat

Pemasangannya lebih mudah jika dibandingkan dengan aspal dan juga cor beton. Memasang conblock lebih cepat selesai karena hanya perlu disusun dan direkatkan menggunakan pasir. Tidak ada kerangka yang harus dibuat seperti pemasangan cor beton atau masalah dengan bau aspal.

3. Perawatan yang mudah

Ketika aspal rusak maka perlu penambalan dengan cairan aspal dan mengebor area di sekitarnya. Berbeda dengan perawatan dari conblock apabila terdapat bagian yang pecah. Anda hanya perlu menggantinya dengan conblock baru dan langsung memasaknya. Jadi perawatannya relatif mudah.

4. Berat ringan dengan banyak motif

Conblock memiliki bobot yang relatif ringan sehingga ketinggian jalan akan tetap terjaga. Selain itu ada banyak pilihan motif conblock yang menarik untuk dipilih. Sehingga tampilan jalan tidak tampak monoton, apalagi jika menggunakannya untuk playground. Anda juga bisa memberikannya warna dengan menggunakan cat.

Perlu diperhatikan bahwa harga paving block memang murah dan mudah dipasang tetapi bukan berarti tidak butuh orang profesional untuk memasangnya. Anda harus mempercayakan pemasangannya kepada orang yang berpengalaman supaya hasilnya maksimal.

Kekurangan Conblock

Kelebihan memang menjadi sebuah keuntungan, tapi jangan lupakan juga kekurangan menggunakan conblock. Ada beberapa kekurangan yang dimiliki material jalan ini sebagai berikut:

5. Permukaan mudah bergelombang

Apabila pemasangan tidak benar khususnya saat mempersiapkan pondasi maka permukaan jalan akan mudah bergelombang. Maka dari itu sangat penting untuk menyerahkan pekerjaan memasang conblock pada ahlinya.

6. Tidak cocok untuk jalan raya

Conblock hanya bisa dipasang untuk area jalan yang tidak terlalu sering dilalui kendaraan apalagi kendaraan yang berat seperti truk atau kontainer. Pemasangannya hanya cocok di jalan kecil seperti perumahan, area taman, atau area untuk olahraga.

7. Susunan yang mudah renggang

Walaupun pemasangannya sudah benar, conblock akan mudah bergeser atau renggang terutama di jalan tanjakan atau turunan. Pemasangan terbaik adalah untuk jalanan yang datar.

Paving block menjadi pilihan terbaik untuk pemasangan jalan datar dan sangat hemat budget. Perawatannya yang mudah dan kekuatannya yang bagus membuatnya lebih tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *