Ketahui Apa Saja Kekurangan Kusen Aluminium Sebelum Anda Meenggunakannya

Kekurangan Kusen Aluminium

Dalam membangun sebuah rumah memang diperlukan banyak pertimbangan, mulai dari desain hingga material yang akan digunakan. Nah, pemilihan material menjadi salah satu hal yang nggak boleh anda lakukan secara sembarangan. Kualitas material sangat mempengaruhi bagaimana ketahanan struktur serta desain rumah anda. Misalnya saja pemilihan material untuk dinding rumah, plafon, maja dan kursi, hingga kusen jendela dan pintu.

Salah satu material yang kerap dipakai dalam pembuatan kusen tersebut adalah aluminium. Dimana jenis kusen ini memiliki banyak manfaat, yang membuat banyak orang menggunakannya untuk material hunian. Namun sebelum anda menentukan penggunaan kusen aluminium untuk pintu maupun jendela, sebaiknya ketahui dulu kekurangannya berikut ini.

Kekurangan dari Kusen Berbahan Aluminium

Kekurangan Kusen Aluminium

Ketika memilih material kusen berbahan aluminium, tentu anda harus mempertimbangkan juga apa saja kekurangannya. Nah, berikut ini beberapa kekurangan dari penggunaan kusen berbahan alumium yang perlu anda tahu, supaya tidak salah memilih material kusen.

Desain kusen terbatas

Kusen aluminium memiliki desain yang terbatas, sehingga anda tidak bisa memilih banyak variasi model. Berbagai kusen yang dijual di pasaran pun biasanya memiliki desain yang hampir sama dan cenderung monoton.

Pemasangan kusen kurang kuat

Pemasangan kusen pada dinding hanya memerlukan sekrup khusus, lalu menggunakan alat fisher untuk membantu penempelannya di dinding. Cara pemasangan kusen seperti ini diperlukan kehati-hatian, karena bisa membuat pemasangan kurang kuat dan merusak struktur dinding. Apalagi sistem pengaitnya pada dinding hanya menggunakan sekrup, sehingga beresiko sekrup terlepas jika salah dalam pemasangan.

Pengukuran harus presisi

Kusen berbahan aluminium adalah material yang merupakan buatan pabrik, sehingga ukurannya sangatlah presisi. Maka dari itu, pengukuran daun pintu dan lebar dinding yang akan dipasang juga haruslah akurat. Ketika anda salah dalam melakukan pengukuran, tentu akan lebih sulit mendapatkan hasil pengerjaan yang maksimal. Sebaiknya usahakanlah menggunakan tenaga yang sudah ahli dan berpengalaman, supaya memudahkan pengerjaan.

Maintenance atau perawatan yang lebih susah

Kusen berbahan aluminium ini dinilai lebih susah dalam hal maintenance atau perawatannya. Jika anda menggunakan kusen dari bahan aluminum yang berkualitas baik, mungkin saja perawatannya tidak terlalu sulit. Namun jika anda menggunakan aluminium dengan kualitas cenderung rendah, anda harus bersiap-siap untuk memberikan perawatan yang lebih sulit. Karena kusen ini lebih gampang memuai ketika terkena perubahan cuaca atau suhu yang ekstrim. Bahkan bukan tidak mungkin jika kusen ini bisa menjadi kendor dan gampang lepas.

Rentan terhadap kebocoran

Kebocoran pada kusen ini bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah pemasangan yang kurang tepat. Hal ini disebabkan karena sambungan pada siku tidak mampu menutupi kusen, sehingga ketika hujan deras air bisa masuk. Maka dari itu, anda harus menggunakan sealent untuk mengantisipasi kebocoran.

Tidak bisa diaplikasikan untuk semua jenis pintu

Kekurangan dari kusen aluminium ini terkait desainnya yang kurang bervariasi, sehingga hanya bisa diaplikasikan untuk beberapa jenis pintu. Selain itu, tidak semua gaya rumah cocok untuk menggunakan kusen berbahan aluminium ini. Sehingga anda harus benar-benar menyesuaikannya dengan konsep rumah yang anda gunakan.

Itulah tadi beberapa kekurangan dari penggunaan kusen yang menggunakan material aluminium. Kekurangan di tersebut bisa anda jadikan bahan pertimbangan, sebelum memutuskan untuk mengaplikasikannya pada pintu di rumah anda. Jadi anda tak perlu khawatir akan terjadi salah pilih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *