Ini Loh Cara Ciptakan Kamar Mandi yang Ramah Lingkungan

Cara Ciptakan Kamar Mandi yang Ramah Lingkungan

Walaupun terletak paling belakang di banyak hunian, keberadaan kamar mandi sangat penting bagi para penghuninya. Sulit dibayangkan mengisi keseharian tanpa kamar mandi di rumah. Pada zaman Majapahit, kamar mandi mungkin terasa aneh, sebab orang-orang pada zaman itu biasa membersihkan diri atau mencuci di sungai atau sumber mata air sebagai tempat pemandian bersama. Tetapi saat ini, di mana luas lahan semakin terbatas, keberadaan kamar mandi menjadi vital di setiap rumah atau apartemen. Seringkali kamar mandi dibuat asal jadi oleh pemilik rumah dengan asumsi kamar mandi hanya digunakan sesaat, tanpa menyadari bahwa keberadaan kamar mandi juga bermanfaat sebagai tempat relaksasi dan menciptakan kesegaran. Terlebih jika kamar mandi tersebut didesain ramah lingkungan, tentu efek kesegaran lebih maksimal.

Kamar mandi ramah lingkungan mengacu kepada hal-hal yang berkaitan dengan menjaga lingkungan agar tetap aman dengan cara merawat, menghemat, dan hanya sedikit mungkin menciptakan limbah. Dengan konsep ini, kamar mandi tidak hanya berfungsi untuk bersih-bersih para penghuni rumah, tetapi juga dapat menghadirkan kesegaran yang lebih alami tanpa melakukan pemborosan.

4 Elemen Kamar Mandi Ramah Lingkungan

Untuk menciptakan kamar mandi yang ramah lingkungan, bukan berarti membangun kamar mandi di tempat terbuka agar menyatu dengan lingkungan. Kamar mandi ramah lingkungan dapat dibangun oleh siapa saja selagi memerhatikan aspek kelestarian lingkungan. Hal-hal yang penting diperhatikan menyangkut penggunaan air, konsumsi listrik, ventilasi, dan unsur tanaman sebagai penyelaras. Termasuk penggunaan pintu berbahan bukan kayu seperti pintu UPVC kamar mandi, untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan hidup. Nah, artikel kali ini akan mengulas tentang konsep kamar mandi yang ramah lingkungan, sehingga dapat menjadi inspirasi pembaca dalam mencipatakan kamar mandi yang sehat.

1. Hemat Air

Cara Ciptakan Kamar Mandi yang Ramah Lingkungan

Air merupakan elemen alam sebagai sumber kehidupan. Masih banyak masyarakat yang boros dalam penggunaan air saat mandi, sementara masih banyak pula orang-orang yang kesulitan mendapatkannya. Mandi yang menggunakan gayung, umum dilakukan masyarakat di tanah air, sangat boros dalam penggunaannya dibandingkan dengan menggunakan shower. Menggunakan shower saat mandi dipandang lebih hemat air sebanyak 30% hingga 70% daripada penggunaan gayung. Hal ini disebabkan lubang shower yang kecil dan merata sehingga dapat menjangkau seluruh bagian tubuh dengan  volume air yang sedikit.

2. Hemat Listrik

Cara Ciptakan Kamar Mandi yang Ramah Lingkungan

Penggunaan water heater sebagai pemanas air saat mandi terkadang sangat menyenangkan terlebih jika dilakukan pada malam hari sepulang kerja. Tetapi konsumsi listriknya juga sangat tinggi sehingga dapat menghabiskan banyak daya hanya untuk memanaskan water heater setiap saat. Untuk menyiasatinya, gunakan water heater tenaga surya yang terkenal bebas daya listrik dan yang pasti ramah lingkungan. Di samping itu, penggunaan glass block atau bata kaca yang dapat merefleksikan cahaya matahari dapat menghemat listrik, sehingga tidak perlu menyalakan lampu saat siang hari.

3. Ventilasi

Cara Ciptakan Kamar Mandi yang Ramah Lingkungan

Ventilasi sangat penting untuk mencegah kelembaban kamar mandi. Kamar mandi yang lembab dapat digunakan sebagai sarang penyakit sekaligus menyimpan aroma yang tidak sedap. Ventilasi di sini berperan dapat melancarkan pertukaran udara sehingga dapat menetralisir suhu yang lembab. Di samping itu, penggunaan pintu UPVC kamar mandi dinilai dapat mereduksi cipratan air yang dengan sendirinya dapat menghilangkan kelembaban jika dibandingkan dengan pintu berbahan kayu yang menyerap air. Ventilasi yang terbuka cukup, dapat menerima cahaya matahari sehingga penggunaan lampu dapat dikurangi.

4. Tanaman dalam Pot

Cara Ciptakan Kamar Mandi yang Ramah Lingkungan

Konsep ramah lingkungan biasanya berkaitan dengan tanaman dan pohon sebagai simbol. Meletakkan tanaman dalam pot tidak hanya bermanfaat untuk kesegaran, tetapi juga sebagai sarana menciptakan kondisi yang alami dan ramah lingkungan. Kehadiran tanaman dalam pot di kamar mandi menjadi penyempurna saat melakukan relaksasi ketika mandi. Letakkan pot yang berhadapan langsung dengan lubang ventilasi atau glas bock agar mendapat sinar matahari yang cukup.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *